Sunday, January 29, 2012

KETIKA HANDPHONE (HP) MEMPERBUDAK MANUSIA



Ketika Handphone Memperbudak Manusia – Teknologi hingga kini terus berkembang dengan berbagai inovasi-inovasi terbarunya. Dengan teknologi semua aktivitas kita tentunya akan lebih mudah untuk diselesaikan. Dan hal ini sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari kita.
Saat ini teknologi khususnya handphone telah menyebar luas dikalangan masyarakat dan bahkan handphone telah menjadi Life Style bagi sebagian orang. Alat komunikasi yang satu ini telah membuat komunikasi antar yang satu dengan yang lain menjadi lebih mudah.
Dengan telepon dan sms kita tidak perlu jauh-jauh dana repot-repot menghubungi seseorang, cukup dengan menekan beberapa tombol kita sudah dapat berinteraksi dengan orang lain yang berada sangat jauh dari kita.
Awalnya telepon seluler atau handphone diciptakan untuk media komunikasi melalui telepon dan sms, namun sekarang ini handphone telah beradaptasi dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Saat ini, handphone sudah tidak lagi digunakan hanya untuk telepon dan sms, namun di handphone sekarang sudah tersedia berbagai fitur yang hampir dimiliki teknologi komunikasi lain. Misalnya untuk melihat Televisi kita tidak perlu lagi melihat melalui TV, cukup dengan membuka handphone kita sudah dapat melihat tayangan TV. Lalu untuk mengakses internet, kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke warnet, karena di dalam handphone sudah terdapat Layanan Internet. Untuk mendengarkan musik, kita tidak perlu mendengarkan melalui Tape/CD karena di dalam sudah terdapat fitur pemutar MP3 dan masih banyak lagi fitur yang ada pada handphone saat ini.
Jika saya boleh menyebutkan, Handphone adalah gabungan dari beberapa alat komunikasi. Yah, ini memang benar, karena memang pada handphone telah memuat berbagai alat komunikasi yang lain, seperti TV,MP3 Player,Kamera,Internet,dll.
Dan yang terpenting adalah hal ini menjadikan manusia lebih minat dengan teknologi yang satu ini. Hampir setiap saat muncul handphone-handphone terbaru dengan fitur canggih, yang saat ini sering disebut dengan nama SmartPhone.
Dengan berbagai keunggulan yang ada pada handphone saat ini, membuat manusia gemar dan hampir sering mengoperasikan alat komunikasi ini. Fitur-fitur canggih yang ada membuat manusia terlena dibuatnya. Yang sangat disayangkan, manusia menjadi malas untuk melakukan hal yang lebih penting karena keasyikan mengoperasikan handphone.
Setiap saat, setiap waktu, pasti orang memegang handphone entah hanya untuk bermain-main atau memang untuk berkomunikasi.
Lalu apakah handphone telah memperbudak manusia?
Penggunaan teknologi yang satu ini hendaknya mendapatkan perhatian penting, karena hal ini jika dibiarkan begitu saja akan berdampak pada kehidupan sosial bermasyarakat antar sesama dan pengaruh handphone ini tentunya akan berdampak negatif jika orang-orang hanya berkutik dengan handphonenya dan mengabaikan lingkungan sekitarnya.
Sekarang ini penggunaan handphone telah terbalik dari tujuan utama diciptakannya handphone. Seringkali seseorang memiliki handphone yang canggih tetapi tidak dimaksimalkan untuk segi komunikasinya (telepon, sms) namun lebih diutamakan pada fitur-fitur canggihnya. Yang lebih ditemukan saat ini adalan seseorang mengoperasikan handphone lebih sering untuk mengakses internet dan lebih kepada Layanan Jejaring Sosial seperti Facebook dan Twitter. Sehingga seseorang menjadi tak kenal waktu, setiap saat hanya memegang handphone hanya untuk hal yang tak berguna.
Seharusnya penggunaan teknologi saat ini harus mendapatkan perhatian yang penting dan hal ini harus dimulai dari diri sendiri, jangan sampai Teknologi memperbudak kita.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management