Mendidik melalui sains dan mendidik dalam sains merupakan suatu wahana dalam mempersiapkan anggota masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan dan menentukan arah penerapannya.
Biologi menjadi wahana untuk meningkatkan pengetahuan, 
keterampilan, sikap, dan nilai serta tanggungjawab sebagai seorang warga
 negara yang bertanggungjawab kepada lingkungan, masyarakat, bangsa, 
negara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mata 
pelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami 
tentang alam secara sistematis, sehingga biologi  bukan hanya penguasaan
 kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, 
prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. 
Pembelajaran biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk 
mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya.
Beberapa unsur penting yang menjadi ciri atas pengertian belajar, 
yaitu: (1) belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, di mana
 perubahan itu mengarah ke tingkah laku yang lebih baik; (2) belajar 
merupakan perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman; dalam 
arti perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan atau 
kematangan tidak dianggap sebagai hasil belajar; (3) untuk bisa disebut 
belajar, maka perubahan itu harus relatif mantap, harus merupakan akhir 
daripada suatu periode waktu yang cukup panjang. Seberapa lama periode 
waktu itu berlangsung, sulit ditentukan dengan pasti, namun perubahan 
itu hendaknya merupakan akhir dari suatu periode yang mungkin 
berlangsung berhari-hari, berbulan-bulan, ataupun bertahun-tahun. Ini 
berarti kita harus mengenyampingkan perubahan tingkah laku yang 
disebabkan oleh motivasi, kelelahan, adaptasi, ketajaman perhatian atau 
kepekaan seseorang, yang hanya berlangsung sementara; (4) tingkah laku 
yang mengalami perubahan karena belajar menyangkut aspek-aspek 
kepribadian, baik fisik maupun psikis, seperti: perubahan dalam 
pengertian, pemecahan suatu masalah/berpikir, keterampilan, kecakapan, 
kebiasaan, ataupun sikap.
Pembelajaran biologi menekankan pada pemberian pengalaman secara 
langsung. Karena itu, siswa perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah 
keterampilan proses supaya mereka mampu menjelajahi dan memahami alam 
sekitar. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati dengan 
seluruh indera, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara 
benar dengan selalu mempertimbangkan keselamatan kerja, mengajukan 
pertanyaan, menggolongkan, menafsirkan data dan mengkomunikasikan hasil 
temuan secara beragam, menggali dan memilah informasi faktual yang 
relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah 
sehari-hari. Jadi pada dasarnya, pelajaran biologi berupaya untuk 
membekali siswa dengan berbagai kemampuan tentang cara “mengetahui” dan cara “mengerjakan” yang dapat membantu siswa untuk memahami alam sekitar secara mendalam.



 
 

 Unknown
Unknown
 
 Posted in:
 Posted in:   
0 komentar:
Post a Comment